English version
Documents
See also:
Related links:

Para Menteri menyambut bantuan UNODC dalam membangun sistem pelaporan penyelundupan migran



Bali (Indonesia), 5 April 2011
- Penyelundupan migran dari, melalui dan di dalam wilayah yang termasuk di dalam Bali Process masih menjadi tantangan utama sebagai mana ditekankan para Menteri pada Pertemuan Tingkat Menteri Keempat Bali Process tentang penyelundupan manusia, perdagangan manusia dan kejahatan transnasional terkait, yang berlangsung di Bali, Indonesia, pada tanggal 30 Maret 2011.

Bai Process adalah sebuah dialog antar-pemerintah pada penyelundupan migran dan perdagangan manusia yang meliputi wilayah Barat, Selatan, Asia Tenggara dan Asia Timur serta Pasifik.

Setelah didiskusikan dan disetujui pada sejumlah inisiatif untuk mengatasi penyelundupan migran dengan lebih baik, para Menteri juga "sepakat untuk memperkuat keterlibatan pertukaran informasi dan intelijen dengan menekankan nilai tinggi dan utilitas yang berasal dari peningkatan pertukaran informasi. Dalam hal ini, para Menteri menyambut baik bantuan dari UNODC dalam membangun sistem pelaporan sukarela pada penyelundupan migran dan kegiatan terkait dalam mendukung Bali Process "(Pernyataan pemimpin pertemuan, mewakili para peserta).

Sebagai pengawal Protokol Perserikatan Bangsa-Bangsa Menentang Penyelundupan Migran melalui Darat, Laut dan Udara melengkapi Konvensi PBB terhadap Kejahatan Transnasional Terorganisir, UNODC diberi mandat untuk mempromosikan kepatuhan global terhadap protokol dan membantu negara-negara dalam mengimplementasikannya.

Dengan latar belakang ini, UNODC melakukan berbagai proyek untuk meningkatkan pengetahuan berdasarkan bukti dalam bidang penyelundupan migran sebagai pra-syarat untuk pengembangan kebijakan yang efektif untuk mengatasi penyelundupan migran secara komprehensif.

Salah satu proyek yang sedang berjalan ada pada tahap membangun sistem pelaporan sukarela pada penyelundupan migran dan Koordinasi Regional dan Unit Analisis (CAU). Tujuan keseluruhan proyek ini adalah untuk lebih menginformasikan pengembangan kebijakan yang efektif dan pelaksanaan yang memadai untuk mencegah dan memberantas penyelundupan migran secara komprehensif dan konsisten. Oleh karena itu, CAU akan menghasilkan laporan berkala dalam memberikan informasi strategis mengenai penyelundupan migran dalam, melalui, dari dan ke Asia Tenggara dan Asia Timur. Negara-negara seharusnya secara berkala melaporkan data yang relevan untuk UNODC.

UNODC telah membentuk sistem pelaporan yang serupa di bidang obat-obatan terlarang. Untuk informasi lebih lanjut tentang DAINAP silahkan klik di sini