English version
See also:

UNODC dan Indonesia bergabung untuk melawan terorisme


Jakarta (Indonesia), 20 Agustus 2010
- Pada tanggal 10 Agustus 2010, para pejabat dari Pemerintah Indonesia dan perwakilan dari UNODC terlibat dalam diskusi perumusan kemitraan tiga tahun yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas lembaga-lembaga peradilan pidana nasional untuk melawan terorisme.

Pertemuan dipimpin oleh Ibu Listyowati, Kepala Sub Direktorat Penanggulangan Terorisme, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Pada pertemuan ini UNODC diwakili oleh George Puthuppally, Koordinator Program Senior untuk wilayah Asia Timur dan Pasifik, Vipon Kittitasnasorchai, Ahli Pencegahan Terorisme, dan Ajit Joy, Ahli Pencegahan Tindak Pidana.

Ibu Listyowati menegaskan kembali komitmen kuat Indonesia untuk melawan terorisme. Beliau mengungkapkan pandangan bahwa perumusan program tiga tahun ini adalah langkah yang signifikan untuk menuju arah yang benar.

Setelah pertemuan dengan Kementerian Luar Negeri, perwakilan dari UNODC melakukan diskusi lebih lanjut dengan perwakilan dari Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation, perwakilan negara-negara donor, dan lembaga donor.


Sudah beberapa tahun ini Pemerintah Indonesia dan UNODC bekerja sama pada isu aspek keadilan hukum dan pidana dalam terorisme dengan tujuan untuk menempatkan kerangka hukum yang dibutuhkan.

Saat ini, kerangka tersebut perlu penguatan agar langkah-langkah penanggulangan terorisme yang ditempuh sesuai dengan aturan hukum. Program tiga tahun yang baru diusulkan akan dibangun berdasarkan upaya-upaya sebelumnya.

Program baru ini akan berfokus pada penguatan entitas nasional yang bertanggung jawab untuk melaksanakan kerangka hokum penanggulangan terorisme. UNODC akan membantu Pemerintah Indonesia dalam pelatihan bagi pejabat yang bekerja pada bidang pencegahan, penyidikan, penuntutan, dan ajudikasi kejahatan yang berkaitan dengan terorisme.

Program ini juga akan memperkuat keahlian di bidang tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah. Bidang-bidang yang direncanakan untuk dilatih berkaitan dengan penanggulangan pendanaan terorisme, terorisme aviasi, terorisme maritim, dan penggunaan Internet untuk tujuan terorisme.

Di Indonesia, rencana bantuan khusus UNODC untuk penanggulangan terorisme adalah unsur utama dari usulan program "East and South-East Asia Partnership on Criminal Justice Responses to Terrorism". UNODC berupaya untuk melaksanakan program ini bekerjasama dengan negara-negara di kawasan regional, organisasi regional, lembaga pelatihan, dan negara-negara donor.